Rahasia Keutamaan Membaca Asmaul Husna, No.3 Paling Indah!

Keutamaan Membaca Asmaul Husna

Di dalam Al-Quran Allah Ta’ala telah memberitahukan nama nama-Nya yang sangat mulia dan indah. Apabila kita berdoa dengan menyebut salah satu nama-nama Allah maka doa yang kita panjatkan akan diijabah atau dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

Keutamaan Membaca Asmaul Husna

Secara umum, asmaul husna memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Mulai dari terkabulnya doa yang menggunakan asmaul husna hingga pahala surga bagi yang mengamalkannya.

1. Doa Terkabul

Penulis Fiqih Islam wa Adillatuhu itu juga menjelaskan, seorang hamba mesti berdoa kepada Allah dengan nama-namaNya dan tidak boleh menyeru Allah kecuali dengan nama-namaNya yang baik.

Berdoa dengan menyebut asmaul husna, baik secara keseluruhan atau sesuai dengan konteks doanya, Allah akan mengabulkan doa tersebut.

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا

“Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu…” (QS. Al-A’raf: 180)

2. Sunnah Mempelajarinya

Dalam Tafsir Al Qur’anil Adhim, Ibnu Katsir mengetengahkan hadits tentang doa dengan asmaul husna. Lalu seorang sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lantas bersabda:

بَلَى يَنْبَغِى لِمَنْ سَمِعَهَا أَنْ يَتَعَلَّمَهَا

“Benar, dianjurkan bagi setiap orang yang mendengarnya (asmaul husna) mempelajarinya”. (HR. Ahmad)

3. Masuk surga

Siapa yang menghafal dan merenungi 99 asmaul husna, ia akan masuk surga. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمَا مِائَةً إِلاَّ وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghafalnya ia akan masuk surga”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, pengertian ahshoohaa (أحصاها) adalah menghitung, menghafal dan merenungi maknanya.

Dengan menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna merupakan sebab kebaikan bagi hati, kita akan memiliki kesempurnaan takut kepada Allah Ta’ala dan akan selalu menunaikan kewajibannya sebagai hamba atau ciptaan-Nya.

Semoga kita bisa menjagi seorang muslim yang baik dengan harapan terbaik, yakni selamat di dunia dan juga di akhirat. Aamiin Ya Robb.

Kiranya demikian yang tentang keutamaan membaca asmaul husna bagi kehidupan kita, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan