Ingin Cicil Kredit Mobil? Pilih Saja Kredit Mobil Syariah!
Ingin Cicil Kredit Mobil? Pilih Saja Kredit Mobil Syariah!

Ingin Cicil Kredit Mobil? Pilih Saja Kredit Mobil Syariah!

Kredit mobil syariah merupakan salah satu cara membeli mobil tanpa terkena bunga maupun riba. Kamu bisa mengakses banyak informasi secara lengkap mengenai kredit mobil syariah dengan mengunjungi lifepal.co.id/media/kredit-mobil-syariah.

Nah, untuk menambah kepercayaanmu terhadap kredit mobil syariah, kami akan memberikan sederet alasan mengapa cara ini sangat aman untuk kamu lakukan. Simak pembahasannya berikut ini, ya!

Alasan Kredit Mobil di Syariah

  • Dasar Hukum yang Jelas

Salah satu dasar hukum dari kredit syariah yakni Fatwa DSN-MUI Nomor 4 Tahun 2000 tentang Murabahah. Fatwa tersebut berisi mengenai apa saja ketentuan dalam Murabahah kepada nasabah.

Seorang nasabah akan mengajukan permohonan dan melakukan pembelian terhadap suatu barang kepada bank. Jika bank menerima permohonan tersebut, maka dia harus membeli barang tersebut lebih dulu secara sah dengan penjual.

Kemudian, bank akan menawarkan barang atau aset tersebut kepada nasabah. Selanjutnya, nasabah harus menerima sesuai dengan janji yang telah kedua belah pihak sepakati.

Dalam transaksi ini, bank boleh meminta kepada nasabah untuk membayar uang muka lebih dulu ketika akan menandatangani kesepakatan awal pemesanan. Apabila nasabah menolak untuk membeli barang tersebut, maka biaya riil bank perlu terbayarkan dari uang muka tadi.

Apabila nilai uang muka ternyata kurang dari kerugian yang harus tertanggung bank, maka bank bisa meminta kembali sisa kerugiannya kepada nasabah.

Selain fatwa tersebut, dasar hukum lainnya adalah Fatwa DSN-MUI Nomor 13 Tahun 2000 tentang uang muka Murabahah dan Fatwa DSN-MUI Nomor 111 Tahun 2017 yang membahas mengenai akad jual beli Murabahah.

Berdasarkan uraian tersebut, maka kredit mobil dengan sistem syariah sama denagn membeli mobil secara kredit dengan akad murabahah.

  • Sumber Dananya Halal

Dalam proses kredit mobil syariah, sumber dana yang terpakai berasal dari sumber yang halal. Misalnya obligasi syariah, modal, maupun rekening tabungan. Hal ini akan menjadikan kredit mobil yang kamu lakukan lebih berkah.

  • Cicilan Aman

Selain sumber dana yang halal, kredit mobil syariah juga memiliki cicilan yang lebih aman. Hal ini karena besaran cicilannya tidak akan pernah bertambah besar atau berkurang selama masa tenor.

Misalnya, jika cicilan awalnya mencapai Rp1.000.000, maka cicilan selanjutnya akan memiliki besaran nominal yang sama. Cicilan yang aman ini akan membuatmu mendapatkan keuntungan yang bersifat tetap atau konstan.

  • Denda Termanfaatkan Ke Hal Positif

Meskipun tidak menggunakan bunga, kredit mobil syariah tetap menggunakan sistem denda. Akan tetapi, denda yang ada pada kredit mobil syariah lebih bersifat positif.

Hal tersebut karena denda yang berlaku dalam kredit mobil syariah akan teralokasikan ke hal yang positif. Misalnya, dana akan tersalurkan ke fakir miskin atau pihak lain yang sekiranya lebih membutuhkan bantuan.

Tentunya, hal ini akan sangat berbeda dengan bunga yang ada di kredit mobil konvesional yang teralokasikan sebagai dana untuk perusahaan itu sendiri.

  • Tidak Memiliki Bunga

Bunga merupakan riba menurut agama Islam, maka dari itu Lembaga pembiayaan syariah menghindari adanya bunga. Kredit mobil syariah tidak akan pernah memasukan unsur tersebut ke dalam seluruh prosesnya.

Jika kamu ingin memiliki mobil di tengah tekanan keuangan setelah pandemi. Maka, kedit mobil syariah bisa jadi sangat cocok dan bermanfaat untukmu. Kamu tidak akan terbebani dengan besaran bunga ketika mengasur kredit.

Untuk menambah keyakinanmu dalam memilih kredit mobil berbasis syariah, kamu bisa mulai membandingkan sistem dan prosedur kredit mobil syariah dengan kredit mobil secara konvesional.

Pelajari lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan asuransi konvensional hanya di lifepal.co.id. Semoga bermanfaat!

About admin

Check Also

6-ciri-asuransi-kesehatan-pilihan-anda-layak-untuk-digunakan

6 Ciri Asuransi Kesehatan Pilihan Anda Layak untuk Digunakan

Seperti apa ciri asuransi kesehatan yang bagus? Pertanyaan ini mungkin seringkali muncul dari calon nasabah …

cara trading crypto

Mengetahui Sejarah Cryptocurrency dari Masa ke Masa

Dalam investasi kripto, mengetahui cara trading crypto saja rasanya kurang cukup jika Anda belum mengulik …