mau-mulai-bermain-gitar-simpan-tips-ini-biar-kamu-cepat-bisa
Tips Bermain Gitar

Mau Mulai Bermain Gitar? Simpan Tips Ini Biar Kamu Cepat Bisa!

Alat musik gitar memang bisa dimainkan di mana saja dan kapan aja, ya. Maka dari itu, gitar menjadi salah satu alat musik popular yang banyak orang mainkan. Selain menjadi alat penghibur ketika berkumpul dengan teman, bagi yang bisa memainkan gitar biasanya memiliki karisma tersendiri, makanya banyak juga yang bisa memainkan alat musik petik yang satu ini biar bisa terlihat keren apalagi di mata para gadis pujaan hatinya.

Bagi kamu yang memang tertarik dengan gitar dan ingin membeli agar bisa latihan secara rutin, banyak yang jual gitar baik baru maupun yang sudah pernah digunakan dengan kondisi yang masih baik.

Biar makin jago nih main gitarnya bagi kamu yang masih pemula, ada baiknya kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tips Bermain Gitar

  1. Mempelajari Kunci Dasar

Nah, sebelum kamu mulai belajar untuk memetik gitar, ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu kunci dasar dalam bermain gitar. Gitar terdiri dari 6 senar, mulai dari senar yang paling bawah hingga paling atas sendiri. Kunci dasar yang perlu kamu ketahui adalah :

  • Senar 1 menghasilkan nada E’
  • Senar 2 menghasilkan nada B
  • Senar 3 menghasilkan nada G
  • Senar 4 menghasilkan nada D
  • Senar 5 menghasilkan nada A
  • Senar 6 menghasilkan nada E
  1. Tentukan Letak Posisi Gitar yang Nyaman

Jika kunci dasarnya kamu sudah hafal, maka sekarang kamu juga harus mengetahui bagaimana cara memegang dan bermain gitar dengan posisi yang benar. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah posisikan gitar yang membuat kamu merasa nyaman ketika memegangnya.

Sebagai pemula dalam bermain gitar, kamu boleh kok memangku gitar kamu dan didekatkan badan gitar ke dada dan perut kamu. Carilah posisi yang nyaman menurut kamu, ya! Jika tidak, nanti ketika belajar memainkan gitar kamu merasa tidak fokus.

  1. Pelajari Cara Tuning atau Menyetel Gitar

Setelah dua langkah tersebut sudah kamu lalui, langkah selanjutnya adalah belajar untuk menyetel senar gitar. Hal ini memengaruhi kemerduan suara yang dihasilkan oleh gitar. Selain itu, belajar menyetel senar gitar bisa melatih kamu untuk bisa mendengar suara petikan yang merdu.

  1. Mulai Belajar Memetik Gitar

Setelah menyetel gitar, kamu bisa langsung belajar untuk mulai memetik gitar. Pertama, siapkan kelima jari kamu untuk meletakkan posisinya. Letakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian, letakkan jari telunjuk untuk senar nomor 3, lalu jari tengah untuk nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1.

Kamu bisa lakukan secara perlahan. Kamu bisa mulai dengan memetik kunci dasar terlebih dahulu.

  1. Mulai Bermain Lagu dengan Kunci yang Mudah

Jika sudah mulai terbiasa, kamu bisa langsung mulai mempraktikkan dengan satu buah lagu dengan kunci yang sangat mudah atau menggunakan kunci dasar. Kalau satu lagu ini sudah bisa kamu kuasai, maka untuk tahap selanjutnya kamu sudah bisa memahami dalam bermain gitar.

Tidak hanya kelima langkah di atas saja yang harus kamu praktikan, selalu berlatih dengan rutin dan asah terus kemampuan kamu dalam bermain gitar agar kemampuan kamu semakin berkembang. Selamat mencoba!

About admin