Mengapa Laki Laki Wajib Salat Jumat di Masjid
Mengapa Laki Laki Wajib Salat Jumat di Masjid

Mengapa Laki Laki Wajib Salat Jumat di Masjid? Inilah Alasannya!

Mengapa laki laki wajib salat jumat. Hukum melaksanakan salat jumat berjamaah adalah perkara wajib atau fardhu ‘ain. Perintah salat ini terkhusus bagi setiap laki-laki muslim yang telah baligh dan berakal.

Sebelum melaksanakan sholat, kaum muslimin harus mendengarkan khutbah jumat terlebih dahulu. Teks khutbah jumat yang dibawa oleh khotib sangat mempengaruhi ketakwaan para jamaah.

Mengapa Laki Laki Wajib Salat Jumat di Masjid?

Tak lain dan tak bukan, Mengapa Laki Laki Wajib Salat Jumat itu karena perintah langsung dalam al Quran. Perintah melaksanakan salat jumat berjamaah ini termaktub dalam QS. al Jumu’ah pada ayat kesembilan.

Dalil Salat Jumat Berjamaah

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS Al-Jumu’ah:9)

Lalu, bagaimana hukum salat jumat bagi perempuan?

Tentu tidak wajib. Sebab, salat jumat adalah ibadah khusus dan wajib bagi para laki laki muslim.

Pendapat ini selaras dengan bunyi terjemahan hadist Nabi berikut ini : “Salat Jumat itu wajib bagi setiap muslim dengan berjamaah kecuali empat orang: budak, wanita, anak-anak atau orang yang sakit.” (HR. Abu Dawud)

Nah, setelah meyakini perintah salat jumat, mari kita sempurnakan pelaksanaannya dengan memenuhi syarat wajib salat jumat ya.

Syarat Wajib Sebelum Melaksanakan Salat Jumat

Mengutip dari buku Hukum-hukum terkait Ibadah Sholat Jumat, karya Ahmad Sarwat Lc, MA, bahwa setidaknya ada 6 syarat utama. Di antara syarat wajib itu adalah :

  • Seorang Laki-laki
  • Berstatus muslim
  • Telah mencapai usia baligh
  • Mampu membedakan mana yang baik dan yang buruk
  • sehat secara dzahir dan batin
  • menetap di sebuah tempat tinggal, bukan musafir.

Sebagai informasi tambahan, orang yang melakukan safar itu adalah musafir yang telah melakukan suatu perjalanan dalam jarak tertentu. Menurut jumhur ulama, jarak perjalanannya minimal 4 burud atau kurang lebih 89 KM.

Status musafir ini akan batal, bila orang tersebut menyatakan diri akan bermukim dalam waktu lama. Menurut sebagian pendapat, jika waktu tinggalnya lebih dari 3 hari maka ia sebagai muqim. Seorang muqim wajib melaksanakan salat jumat berjamaah.

Nah demikianlah alasan mengapa laki laki wajib salat jumat berjamaah. So, silakan datang ke masjid dengan perasaan berbahagia sambil mendengarkan khutbah jumat paling bagus.

Dapatkan pahala amal jariyah dengan mudah, cukup share postingan ini ke media sosial maupun grup WA anda. Terimakasih.

About admin

Check Also

liburan dengna naik bus

Barang yang Perlu Kamu Siapkan Saat Mau Liburan Naik Bus

Mendengar kata liburan tentu merupakan suatu hal yang terdengar seru dan menyenangkan. Kamu akan melakukan …

Mix n Match Model Gamis Batik

4 Rekomendasi Mix n Match Model Gamis Batik yang Mantap

Terkadang memilih outfit untuk bepergian merupakan suatu hal yang sulit dan menghabiskan waktu. Terutama ketika …

Cara Tambah Asupan Vitamin D untuk Tubuh

Cara Tambah Asupan Vitamin D untuk Tubuh dengan Mudah

Banyak orang yang masih belum mengetahui, bahwa vitamin D sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, …