oleh-oleh khas malang

oleh-oleh Malang –  Pia Cap Mangkok, Pelopor Pia Khas Malang

oleh-oleh Malang – Mendengar kata oleh-oleh Malang mungkin yang akan langsung terlintas dalam pikiran kita adalah buah Apel. Tidak salah, karena memang sudah sejak lama kota Malang terkenal akan produksi buah Apelnya.

Namun seiring berjalannya waktu, ragam buah tangan kota Malang pun berkembang, tidak hanya buah Apel dan olahannya, namun juga makanan lainnya, seperti Pia khas Malang. Salah satu merk Pia Malang yang sudah sangat terkenal adalah Pia Cap Mangkok.

Oleh-oleh Malang dan Sejarah Singkatnya

Pia Cap Mangkok bisa dibilang sebagai pelopor pia Malang dan menjadi oleh-oleh khas Malang, karena merupakan merk pia yang paling tua. Pia Cap Mangkok pertama kali dipasarkan pada tahun 1959, dan berawal dari usaha rumahan.

Berasal dari dapur pasangan Zabur Oetomo dan Tri Pinarti, usaha ini awalnya hanya dimulai dengan kapasitas 20 bungkus perhari. Penjualannya pun masih dipasarkan sendiri oleh Zabur Oetomo dari satu tempat ke tempat lain, setiap dua hari sekali. Kini, Pia Cap Mangkok sudah berkembang pesat dan memiliki beberapa toko cabang yang tersebar di kota Malang.

Awalnya, Pia Cap Mangkok hanya memproduksi satu rasa saja, yakni kacang hijau. Pengemasannya pun masih sederhana, yaitu hanya menggunakan kertas minyak berwarna putih polos, tanpa logo dan cap apapun.

Baru pada tahun 1960, Zabur Oetomo membuat kemasan resmi Pia Cap Mangkok berupa gambar  sebuah mangkok dengan tulisan “ISTIMEWA” dan 2 karakter Mandarin – “Shuang Xi”—  yang berarti “Kebahagiaan Ganda”, yakni kebahagiaan keluarga dan keberhasilan usaha. 

Untuk rasa pia, saat ini kita bisa menemukan beragam pilihan rasa lainnya selain kacang hijau, seperti cokelat, keju, tangkwee, green tea, nanas, apel, kopi, hingga durian.

Varian Rasa Pia Cap Mangkok

Beragam pilihan rasa ini merupakan hasil inovasi Pia Cap Mangkok yang terus dilakukan tanpa meninggalkan ciri khasnya yang unik. Hingga saat ini pun, setiap pia dari Pia Cap Mangkok masih dibuat dengan cara handmade dan menggunakan warisan resep leluhur. Kita masih bisa merasakan ciri khas kulit yang renyah, serta tekstur isi yang lembut pada setiap gigitannya.

Inovasi yang dilakukan oleh Pia Cap Mangkok, tidak hanya terbatas pada pilihan rasa saja namun juga pada kemasan dan ukuran pia. Kita bisa memilih beragam ukuran yang disediakan, mulai dari kemasan bungkus dengan isi 5 buah pia, hingga kemasan kotak dengan isi 24 buah pia.

Ada juga kemasan toples dan mini bag dengan isi 16 buah pia mini. Untuk kemasan bungkus dengan isi 5 buah, tersedia dalam 1 pilihan rasa saja, sementara kemasan kotak tersedia mulai dari 1 hingga 4 pilihan rasa. Sekarang toko Pia Mangkok tidak hanya menjual Pia namun juga oleh-oleh khas Malang lainnya.

Pia Cap Mangkok juga sudah bersertifikasi halal, sehingga aman dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Nah, lain kali berwisata ke Malang, jangan lupa untuk mengunjungi Toko Pusatnya di Jalan Semeru Nomor 25, Ruko Semeru, Klojen, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111.

About admin