Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan yang Terbaik
Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan yang Terbaik

Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan yang Terbaik

Asuransi kesehatan merupakan produk perlindungan kesehatan yang menjamin kesehatan diri dan keluarga saat dibutuhkan. Karena itu, penting untuk Anda memiliki asuransi kesehatan terbaik.

Secara umum, premi asuransi kesehatan yang Anda bayarkan secara teratur kelak dapat digunakan untuk membiayai pengobatan ketika sakit. Buat Anda yang belum memiliki produk proteksi satu ini, maka bisa memilih asuransi kesehatan premi mulai 2,4 juta per tahun.

Seperti diketahui, tiap orang butuh asuransi, termasuk proteksi kesehatan. Sebab, jatuh sakit merupakan suatu hal yang tidak bisa kita hindari.

Dengan asuransi kesehatan, maka biaya rawat jalan atau rawat inap yang Anda harus alami akan dijamin perusahaan asuransi. Buat lebih jelasnya mengenai asuransi kesehatan, mari simak pemaparannya dalam pembahasan berikut.

Mengenal Lebih Dalam Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan sebuah produk asuransi, yang mana nantinya diperuntukkan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada pihak yang tertanggung apabila pihak tertanggung mengalami kecelakaan ataupun jatuh sakit.

Secara umum, asuransi kesehatan dapat menanggung berbagai jenis perawatan, termasuk rawat jalan dan rawat inap. Ada juga asuransi kesehatan yang memiliki sifat rider atau manfaat tambahan.

Ketika Anda hendak mengikuti program asuransi kesehatan swasta atau secara mandiri, pastikan untuk membaca dengan detail semua ketentuan terutama mengenai jenis perawatan sajakah yang termasuk dan tidak termasuk.

Pasalnya, untuk mendapatkan seluruh manfaat tersebut, tentu saja Anda harus membayar premi asuransi sesuai dengan kesepakatan dalam polis asuransi yang dipilih. Untuk mengetahui besaran biaya yang harus dikeluarkan, ada beberapa faktor penentu yang penting diketahui.

Faktor Penentu Besaran Premi Asuransi Kesehatan

Faktor-faktor penentu premi asuransi kesehatan swasta alias asuransi kesehatan non-BPJS, berikut ini adalah faktor penentu dari nilai premi yang dibayarkan:

1. Manfaat dari asuransi kesehatan tersebut bagi pengguna

Semakin lengkap manfaat yang didapat, tentu harga premi yang dibayarkan akan semakin mahal. Apalagi, jika Anda juga memilih untuk membeli produk dengan beberapa manfaat tambahan.

2. Usia serta jenis kelamin pengguna

Khususnya untuk usia, biasanya, orangtua lebih rentan penyakit daripada yang masih muda. Maka, tidak heran jika jumlah premi asuransi yang dibayarkan untuk pengguna tua lebih mahal daripada pengguna muda.

3. Pemeriksaaan medis

Apakah Anda memiliki riwayat penyakit yang sudah dibuktikan melalui serangkaian pemeriksaan medis? Jika ya, jangan kaget jika Anda harus membayar premi asuransi dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mereka yang sehat.

4. Jenis asuransi

Jenis asuransi turut memengaruhi harga preminya. Terdapat 2 jenis asuransi kesehatan secara umum, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unit link. Harga asuransi unit link lebih mahal karena dilengkapi dengan beberapa manfaat tambahan termasuk manfaat investasi.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Sebagai calon pengguna asuransi, Anda juga harus mengetahui jenis Asuransi yang bagaimana yang seharusnya Anda gunakan. Berikut ini merupakan hal yang harus menjadi perhatian sebelum Anda resmi menggunakan sebuah produk asuransi:

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Memilih jenis Asuransi tidak biasa dilakukan dengan cara sembarangan. Anda harus terlebih dulu mengetahui budget yang tersedia dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, Anda memiliki gaji 15 juta setiap bulannya, Anda dapat memilih jenis asuransi dengan fasilitas pendukung yang lebih lengkap dari asuransi biasa. Intinya, jangan sampai biaya premi mengganggu kondisi keuangan Anda setiap bulannya.

  • Ketahui Track Record Perusahaan Asuransi

Jangan hanya berpikir perihal biaya asuransi yang akan dibayarkan. Cari tahu juga perihal track record perusahaan asuransi yang akan dipilih.

Tak hanya itu saja, penting untuk Anda mengetahui pula berbagai kemudahan pengajuan klaim asuransi dan hal-hal krusial lainnya. Itulah pemaparan mengenai asuransi kesehatan.

About admin