Berkenalan dengan Digital Customer Service BPJS

Nggak tanggung-tanggung loh ini, ada tiga laskar Digital Customer Service milik BPJS yang siap mempermudah teman-teman untuk mendapatkan informasi tentang BPJS hingga membantu menyelesaikan pelayanan pelayanan administrasi BPJS. Pemanfaatan layanan Chatbot merupakan bukti keseriusan BPJS untuk mengurangi layanan tatap muka dan menekan jumlah kunjungan peserta di kantor cabang demi mengurangi resiko penyerbaran Covid-19.

Bot BPJS Chika: Chat Assistant JKN (Sumber: https://sumedang.radarbandung.id/wp-content/uploads/sites/2/2020/11/20201112_090025.jpg)

Menilik dari definisi Chatbot menurut oxford adalah sebuah program komputer yang didesain untuk mensimulasikan percakapan dengan manusia, dengan jaringan internet.

Chatbot mampu memproses pesan teks, suara, gambar dan video dan merespon sesuai dengan konteks yang dibawa oleh lawan bicara dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI). Dukungan teknologi AI ini lah yang membuat Chatbot menjadi pintar dan mampu memahami, memproses pertanyaan dan permintaan pelanggan hingga memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.

Contoh Implementasi ChatBot pada Pemesanan Tiket Pesawat (sumber: https://oktavianidewi.files.wordpress.com/2021/05/abbd6-0gyjvxrxmdinmwltz.png)

Menyapa Chika, Chatbot Pusat Informasi BPJS

Panduan Mengakses Bot BPJS Chika melalui Beragam Channel (sumber: https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/application/modules/post/images/chikka2.jpg)

Kini pelayanan BPJS semakin dekat dengan kita dengan hadirnya Chatbot Chika. Chika adalah singkatan dari Chat Assistant JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Melalui Chika, kita dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data peserta, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan tanpa harus ke kantor BPJS.

Kita dapat menyapa Chika melalui berbagai platform chat, yaitu:

  • WhatsApp di nomor 08118750400,
  • Facebook Messenger melalui akun resi BPJS Kesehatan
  • Telegram melalui link berikut https://t.me/BPJSKes_bot.

Chatbot Pandawa Pandu Pelayanan Administrasi BPJS

Pandawa sebagai Layanan Administrasi BPJS

Pandawa hadir untuk melayani kebutuhan administrasi peserta Program JKN-KIS. Pandawa adalah singkatan dari Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp. Pandawa bisa diakses hanya melalui platform WhatsApp. Berbeda dengan Chika, alih alih ChatBot, Pandawa adalah kanal komunikasi antara peserta dengan petugas BPJS melalui Whatsapp untuk setiap daerah sesuai dengan wilayah administrasi peserta BPJS.

Melalui Pandawa, kita bisa mendapatkan beragam pelayanan administrasi seperti mendaftar baru (baik bayi maupun dewasa), penambahan anggota keluarga, mengubah data peserta, update golongan, menonaktifkan peserta meninggal dan pengaktifan kembali kartu.

Berbeda dengan Chika yang dapat dihubungi 24 jam, layanan Pandawa beroperasi sesuai jam kerja: Senin-Jumat Pukul 08.00 – 15.00. Hal ini karena ada beberapa layanan administrasi BPJS yang masih memerlukan bantuan pegawai BPJS di kantor cabang terdekat.

Cara mengakses Pandawa adalah sebagai berikut:

  1. Peserta mengakses Layanan CHIKA
  2. Setelah CHIKA merespon, CHIKA akan menampilkan jenis pelayanan CHIKA  dan Peserta dapat memilih jenis layanan administrasi
  3. Kemudian CHIKA akan menampilkan Jenis Layanan PANDAWA dan peserta dapat memilih 1 jenis layanan.
  4. Setelah memilih 1 jenis layanan yang dibutuhkan, selanjutnya peserta  memilih domisili provinsi dan kantor cabang sesuai dengan tempat tinggal peserta
  5. Langkah terakhir, CHIKA  akan memberikan form pelaporan yang wajib di isi oleh peserta dan mengirimkan form pelaporan ke nomor Whatsapp Kantor Cabang sesuai dengan wilayah daerah peserta tinggal (No Whatsapp sesuai dengan informasi yang diberikan CHIKA).
  6. Peserta akan di hubungi oleh Petugas Admin PANDAWA Kantor Cabang untuk membantu proses administrasi sesuai kebutuhan peserta. Informasi lebih lanjut hubungi Care Center BPJS Kesehatan 1500 400.

Tim Langsung Ngobrol, Yuk Kenalan dengan Voice Bot Vika

Voice Bot BPJS bernama Vika: Voice Interactive JKN

Bagi kalian yang lebih suka ngobrol langsung dan tidak suka chatting, BPJS juga memiliki Vika yang siap sedia melayani pertanyaan kalian. Vika, dengan kepanjangan Voice Interactive JKN, adalah layanan informasi berbasis mesin penjawab. Untuk mengakses Vika bisa dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500-400.

Published by oktavianidewi

O's blood-type​

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: